Ribuan Lampion Hiasi Langit Borobudur, Ganjar; Umat Buddha Sukacita, Kita Bahagia

- 5 Juni 2023, 12:31 WIB
Ribuan Lampion Hiasi Langit Borobudur.
Ribuan Lampion Hiasi Langit Borobudur. /Dok Prov Jateng

PORTAL JEPARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut merasakan getaran kebahagiaan dalam puncak rangkaian peringatan Hari Trisuci Waisak 2567 BE/2023 di Kawasan Candi Borobudur, Minggu (4/6/2023) malam. Menurutnya, kerukunan beragama terekam dalam acara tahunan itu.

Ganjar yang datang bersama istrinya, Siti Atikoh mengaku senang melihat antusiasme masyarakat. Sebagai perwakilan pemerintah di daerah, Ganjar berbahagia karena perayaan Trisuci Waisak bisa kembali berjalan dengan meriah.

“Luar biasa ya, jadi satu sisi umat Buddha merayakan Waisak dengan penuh sukacita, kami tentu sebagai pemerintah ikut merasakan getaran kebahagiaannya itu,” kata Ganjar.

Baca Juga: AHY Bikin Heboh Semarang, Datangi CFD Hingga Dikerumuni Ibu-Ibu Berswafoto

Apalagi, pelepasan lampion yang menjadi acara pamungkas dari rangkaian peringatan Waisak 2023 kembali dilaksanakan. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang dinantikan, karena bisa diikuti oleh masyarakat umum.

“Mudah-mudahan ini menunjukkan kerukunan di antara umat beragama dengan masyarakat. Dan semua bisa menikmati area Candi Borobudur ini, ada yang berwisata, ada yang beribadah, dan semua penuh toleransi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ganjar sebelumnya bercerita ‘ditodong’ para menteri untuk menandatangani secarik kertas berisikan sejumlah komitmen. Ganjar menuturkan, kertas itu memuat mimpi panjang pengembangan kawasan Candi Borobudur yang belum terlaksana.

Baca Juga: Hadapi El Nino Petani Kabupaten Semarang Siapkan Irigasi dan Sumur Resapan

“Tadi kami bersepakat agar pengelolaan candi borobudur lebih terintegrasi. Mana zona untuk wisata, zona untuk religi, dan masing-masing akan memberikan perannya. Garis besarnya itu, dan mudah-mudahan terlaksana segera,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ambar Adi Winarso


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah