Lindungi Buruh Rokok Linting dan Petani Tembakau, Ganjar: Impor Harus Diatur

- 13 Oktober 2023, 20:19 WIB
Lindungi Buruh Rokok Linting dan Petani Tembakau, Ganjar: Impor Harus Diatur
Lindungi Buruh Rokok Linting dan Petani Tembakau, Ganjar: Impor Harus Diatur /Dok

PORTAL JEPARA - Bakal calon presiden (capres) 2024, Ganjar Pranowo menegaskan akan mengatur mekanisme impor tembakau, jika terpilih jadi Presiden RI. Dengan pengaturan impor tembakau itu, nasib para petani tembakau, pabrikan higga ribuan buruh rokok linting bisa terjamin.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menyapa ribuan buruh linting di pabrik rokok Grandel Malang, Jumat (13/10/2023). Selain itu, ia juga bertemu dengan sejumlah pengusaha rokok yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Rokok Malang (Gaperoma).

"Iya tadi ngobrol dengan pengusaha rokok dan sekarang dengan buruhnya. Saya senang bisa bertemu mereka dan beberapa memberikan masukan agar perusahaan rokok bisa bertahan," ucap Ganjar.

Baca Juga: Ada Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang, Akses Jalan ke Tugu Muda Dialihkan

Menurut Ganjar, negara butuh terlibat untuk mempertahankan industri rokok linting yang telah ada sejak Indonesia belum merdeka. Meskipun, regulasi yang tidak mudah karena persaingan global dan banyak kepentingan yang terlibat, harus ada keberpihakan di sana.

"Saya mendapat banyak informasi, misalnya tentang cukai. Yok kita atur tentang impor tembakau, tentang cukai. Pastikan tembakau petani terserap dan pastikan yang impor itu juga membayar cukai," jelasnya.

Selain untuk menambah pendapatan negara, pengaturan impor dan cukai tembakau itu lanjut Ganjar bisa dijadikan alat untuk melindungi pengusaha rokok, buruh rokok hingga petani tembakau.

Baca Juga: Bawa Alfeandra Dewagga PSIS Gelar PSIS Goes To School di SMKN 1 Semarang

"Karena mereka sudah berjerih payah selama ini untuk mempertahankan produk atau komoditas ini jauh sebelum Indonesia merdeka," tegasnya.

Halaman:

Editor: Wahyudi Dwi Hartanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah