Inilah Biaya Kuliah di Turki: Lebih Murah dari PTN Indonesia

- 14 Juli 2023, 22:01 WIB
Ilustrasi  Inilah Biaya Kuliah di Turki: Lebih Murah dari PTN Indonesia
Ilustrasi Inilah Biaya Kuliah di Turki: Lebih Murah dari PTN Indonesia /Pixabay.com/Gerd Altmann

PORTAL JEPARA - Sebagai negara yang terletak di perbatasan antara Eropa dan Asia, Turki menawarkan peluang pendidikan yang unik dan berharga. 

Tidak hanya itu, biaya pendidikan di Turki, khususnya bagi mahasiswa internasional, dapat mengejutkan banyak orang dengan tingkat keterjangkauannya.

Mengingat kualitas pendidikan yang ditawarkan, beberapa mungkin akan terkejut mengetahui bahwa biaya kuliah Turki justru lebih murah dibandingkan dengan beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Biaya kuliah di universitas di Turki sangat bervariasi, tergantung pada sejumlah faktor termasuk apakah universitas tersebut publik atau swasta, dan jenis program yang dipilih oleh mahasiswa. 

Baca Juga: Kaesang Pakai Kaus Bergambar Ganjar, Denny Siregar Komen Begini

Namun, rata-rata, mahasiswa internasional dapat mengharapkan untuk membayar sekitar €300 - €4,000 per tahun untuk program sarjana di universitas publik. Sementara itu, biaya untuk universitas swasta biasanya sedikit lebih tinggi, berkisar antara €5,000 - €20,000 per tahun.

Melansir dari kuliahturki.id Sebagai perbandingan, biaya kuliah di PTN di Indonesia untuk program sarjana melalui jalur internasional atau paralel biasanya berkisar antara Rp 50 juta hingga lebih dari Rp 100 juta per tahun, yang jika dikonversi ke euro, dapat mencapai lebih dari €3,000 per tahun, tergantung pada kurs yang berlaku.

Penting juga untuk dicatat bahwa banyak universitas di Turki menawarkan beasiswa yang dapat menutupi sebagian atau bahkan seluruh biaya kuliah. Beasiswa ini tersedia baik untuk mahasiswa sarjana maupun pascasarjana, dan beberapa juga mencakup biaya hidup dan biaya studi lainnya.

Di samping itu, biaya hidup di Turki juga relatif lebih rendah dibandingkan dengan banyak negara Eropa dan Amerika Utara. 

Halaman:

Editor: Wahyudi Dwi Hartanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah