Dorong Gerakkan Tanam di Pekarangan, Pemprov Jateng Sediakan 3 Ribu Benih Cabai Gratis

- 13 November 2023, 17:19 WIB
Dorong Gerakkan Tanam di Pekarangan, Pemprov Jateng Sediakan 3 Ribu Benih Cabai Gratis.
Dorong Gerakkan Tanam di Pekarangan, Pemprov Jateng Sediakan 3 Ribu Benih Cabai Gratis. /Dok

PORTAL JEPARA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong kepada masyarakat agar melakukan penanaman tanaman pangan di pekarangan rumah masing-masing. Hal itu sebagai salah satu upaya mengatasi melonjaknya harga bahan pokok.

"Hampir di setiap rumah itu memiliki halaman (pekarangan). Halaman rumah ini saya rasa perlu dimanfaatkan oleh masyarakat, untuk bisa bercocok tanam," kata Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana usai rapat koordinasi pengendalian inflasi di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin, 13 November 2023.

Nana menjelaskan, gejolak harga sejumlah komoditas pangan saat ini masih terjadi. Setidaknya ada lima bahan pokok yang harganya masih tinggi. Di antaranya beras medium, beras premium, cabai rawit, cabai merah, dan gula.

Baca Juga: Bukti Ganjar Konsisten Dukung Palestina, Tak Permasalahkan Elektabilitas Turun saat Tolak Timnas Israel

Lima komoditas ini menjadi perhatian Pemprov Jateng untuk distabilkan harganya dengan operasi pasar, gerakan pasar murah, dan menanam di pekarangan rumah.

Guna mendukung gerakan menanam di pekarangan rumah itu, Pemprov Jateng menyiapkan benih cabai untuk diberikan secara gratis kepada masyarakat. Penyaluran benih cabai itu dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan, bersama instansi terkait lainnya seperti Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah.

Dari Dinas Pertanian dan Perkebunan sudah menyiapkan benih cabai sekitar 3.000 pack dan 1.000 polibag. “Ini akan kami serahkan kepada masyarakat untuk dilakukan penanaman di masing-masing rumah. Tentunya dengan sasaran masyarakat tingkat bawah di tempat-tempat yang tadi inflasi dan IPH (Indeks Perkembangan Harga) tinggi," kata Nana.

Baca Juga: Edukasi BHD Henti Jantung, Dosen Keperawatan UMP Raih Juara 1 Inovasi Bidang Pengabdian Masyarakat

Selain itu, Pemprov Jateng juga mulai menyiapkan program-program pertanian menghadapi musim penghujan.

Halaman:

Editor: Wahyudi Dwi Hartanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah