Kemenko Marves Dukung Percepatan Adopsi KBLBB dari Riset Hingga Pemberian Insentif

- 17 November 2023, 21:46 WIB
Kemenko Marves Dukung Percepatan Adopsi KBLBB dari Riset Hingga Pemberian Insentif
Kemenko Marves Dukung Percepatan Adopsi KBLBB dari Riset Hingga Pemberian Insentif /Dok Marves

PORTAL JEPARA - Transportasi merupakan penyumbang gas emisi terbanyak kedua di Indonesia yaitu sebesar 23%. Menindaklanjuti komitmen pemerintah Indonesia untuk mewujudkan Net-Zero Emission, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) kembali menyelenggarakan Diskusi Panel dan Sosialisasi “Dekarbonisasi Sektor Transportasi melalui Adopsi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk Indonesia Lebih Baik” di Wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, pada Jumat (17-11-2023).

Sektor industri otomotif merupakan sektor industri yang sangat penting bagi Indonesia tidak hanya sebagai konsumen tapi juga sebagai produsen. Seperti yang disampaikan Asisten Deputi Industri Maritim dan Transportasi Kemenko Marves, M. Firdausi Manti yang mewakili Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi saat membuka kegiatan bahwa pemerintah dan warga Indonesia harus berpartisipasi dalam pengurangan emisi karbon atau dekarbonisasi.

“Kalau kita lihat tren dunia sekarang sudah mulai bertransformasi dari motor bakar ke kendaraan listrik. Berbagai negara juga mulai mentransformasikan industrinya agar bisa mengurangi emisi gas buangan dari kendaraan bermotor. Sehingga kita sebagai bangsa juga harus memilih ingin tetap sebagai pengguna motor bakar atau kita harus ikut bertransformasi dan mulai menggunakan kendaraan listrik,” ujar Asdep Firdausi.

Baca Juga: Armada BRT Trans Semarang akan Diremajakan, Wacana Rute Sepi Penumpang Diganti Long Elf

“Kita tidak bisa hanya menunggu, tapi kita juga harus aktif karena negara-negara lain juga sangat aktif untuk bisa membangun industri electric vehicle. Ini yang pemerintah dorong, perkembangan atau pertumbuhan industri kendaraan listrik di Indonesia termasuk dengan ekosistemnya,” lanjutnya.

Kemenko Marves Dukung Percepatan Adopsi KBLBB dari Riset Hingga Pemberian Insentif.
Kemenko Marves Dukung Percepatan Adopsi KBLBB dari Riset Hingga Pemberian Insentif. Dok Marves

Sebagai salah satu upaya mendorong masyarakat untuk mengadopsi EV, pemerintah memberikan dukungan program bantuan mulai dari pengurangan pajak sampai penyediaan fasilitas.

“Pemerintah sudah mengeluarkan berbagai insentif atau program bantuan untuk mendorong adopsi EV oleh masyarakat diantaranya insentif pembelian motor baru dan konversi sebesar 7 juta rupiah, pengurangan PPN dari 11% menjadi 1% dan pembebasan PPNBM untuk mobil dan bus listrik, serta bebas ganjil genap khusus daerah tertentu atau DKI Jakarta,” jelas Asdep Firdausi.

Terdapat beberapa manfaat dari menggunakan kendaraan listrik yang disampaikan Asdep Firdausi. Selain pengurangan emisi, dari aspek ketahanan energi dan efisiensi juga dapat mengurangi impor minyak kemudian subsidi yang dikeluarkan dapat dialokasikan untuk mendukung kendaraan listrik. Daur ulang dan juga ekonomi sirkuler komponen EV yang akan mendorong keberlanjutan, serta diversifikasi ekonomi melalui pengembangan seluruh rantai pasok kendaraan listrik.

Halaman:

Editor: Wahyudi Dwi Hartanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x