Sumber Daya Kelautan Melimpah, Tekad Ganjar-Mahfud Wujudkan Ekonomi Biru

- 23 November 2023, 00:03 WIB
Sumber Daya Kelautan Melimpah, Tekad Ganjar-Mahfud Wujudkan Ekonomi Biru
Sumber Daya Kelautan Melimpah, Tekad Ganjar-Mahfud Wujudkan Ekonomi Biru /Dok



PORTAL JEPARA - Paham akan potensi sumber daya kelautan Indonesia yang sangat melimpah bakal diupayakan oleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ganjar Mahfud punya misi besar menjadikan Indonesia sebagai poros pengolahan energi sumber alam dari kelautan guna menyokong ekonomi negara.

Sebuah tekad digalakan oleh Capres dan Cawapres Ganjar Mahfud MD dengan mewujudkan ekonomi biru. Memanfaatkan sektor ekonomi hasil kelautan Indonesia yang sangat luas.

Baca Juga: Mbak Ita Pakai Aplikasi Warak Semar untuk Jual Beli Hasil Urban Farming Warganya

Program ini diyakini dapat memanfaatkan potensi besar Indonesia, yang memiliki 77% wilayahnya berupa lautan.

Menurut Chico Hakim, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, fokus pada ekonomi biru dipilih karena melihat realitas geografis Indonesia yang kaya akan sumber daya laut.

Meskipun demikian, Chico Hakim menilai bahwa pemerintah belum berhasil mengoptimalkan potensi tersebut sebagai pendorong utama Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca Juga: Ngakak Kenceng Nonton Film Srimulat: Hidup Memang Komedi

"Andil sektor maritim sebesar 7,6% dari PDB terlalu kecil dibandingkan potensi yang ada," ujar Chico Hakim, dikutip Selasa (21/11/2023)

Menurutnya, hal ini merupakan ironi, mengingat Presiden Joko Widodo telah mencanangkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Chico Hakim menekankan bahwa permasalahan tidak terletak pada cita-cita, melainkan pada keseriusan dalam upaya mewujudkannya.
Ia mencatat ketiadaan penekanan terhadap ketahanan laut Indonesia dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari tahun ke tahun.

Halaman:

Editor: Wahyudi Dwi Hartanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x